Keterkaitan teknologi informasi dalam pendidikan

 Keterkaitan teknologi informasi dalam pendidikan 





Dosen pengampu: bapak Moh. Hafid,M.PD.I
Di susun oleh :ira vina lestari Pai smt4 (b1)


FAKULTAS TARBIYAH 
UNIVERSITAS IBRAHIMY
2025













KATA PENGANTAR


Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia Nyalah hingga makalah kami yang berjudul "keterkaitan teknologi informasi dalam pendidikan" ini dapat kami selesaikan dengan cukup mudah dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Tanpa pertolongannya mungkin kami tidak akan mampu menyelesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini kai buat untuk memenuhi tugas dari mata kuliah kami yang berjudul "Pembelajaran Berbasis Tekhnologi ".
 Kami mengucapkan terimakasih kepada " Bpak.Moh. Hafid,M.Pd.I " selaku dosen mata kuliah " Pembelajaran Berbasis Tekhnologi " yang telah memberikan arahan dan menyusun makalah ini. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada para pembaca. Kami menyadari bahwa makalah ini masih kurang sempurna . oleh karena itu, kai mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca. Terima Kasih .
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh .




Bondowoso,08 april2025

Penulis,






DAFTAR ISI


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

B. Peran  Tekhnologi Informasi dan  Komunikasi dalam Pendidikan

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA



BAB 1

PENDAHULUAN

A. Latar belakang 
Kehidupan manusia sangat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknologi misalnya, menghasilkan banyak mesin dan alat seperti mesin selai, mesin jahit, mesin cetak, mobil, pesawat terbang, dan sebagainya, sehingga manusia dapat hidup lebih mudah, aman, dan bahagia di lingkungannya. Alat-alat tersebut juga menimbulkan berbagai bahaya yang dapat merusak dan membahayakan kehidupan manusia. Hasil teknologi telah lama digunakan dalam bidang pendidikan. Penemuan kertas, mesin cetak, radio, film, TV, komputer dan sebagainya digunakan untuk pendidikan. Pada hakikatnya, alat-alat tersebut tidak dibuat khusus untuk keperluan pendidikan, tetapi alat-alat tersebut dapat digunakan dalam dunia pendidikan. Pesatnya perkembangan teknologi informasi di era globalisasi saat ini tidak dapat dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Tuntutan global mengharuskan dunia pendidikan untuk selalu dan selalu menyesuaikan perkembangan teknologi dengan upaya peningkatan mutu pendidikan, terutama menyesuaikan pemanfaatannya bagi dunia pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Teknologi informasi merupakan Perkembangan sistem informasi dengan memadukan teknologi komputer dengan telekomunikasi (Baharudin, 2010). Lembaga pendidikan di Indonesia mulai berlomba-lomba memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pendidikan dengan membangun infrastruktur perangkat keras, jaringan internet, pengadaan perangkat lunak dan sebagainya, yang semuanya dilakukan sebagai upaya memenuhi kebutuhan akan metode pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Pelatihan dengan menggunakan aplikasi komputer juga sering diadakan seperti; Intelligent Tutoring System (ITS), Computer Basic Training (CBT), dan e-Learning System (Hariningsih, 2005)


B. Rumusan masalah 
1. Apa  Pengertian dari Tekhnologi Informasi dan Komunikasi ?
 
2. Bagaimana Peran  Tekhnologi Informasi dan  Komunikasi dalam Pendidikan ?

C. Tujuan penulisan 

1. Untuk mengetahui tentang pengertian dari Tekhnologi Informasi dan Komunikasi

2. Untuk mengetahui tentang  Peran  Tekhnologi Informasi dan  Komunikasi dalam Pendidikan





BAB 2

PEMBAHASAN 

A. Pengertian Teknologi Informasi Pendidikan .  

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi telah mengubah cara pandang dan gaya hidup masyarakat Indonesia dalam menjalankan aktivitas dan kegiatannya. Keberadaan dan peran teknologi informasi dalam sistem pendidikan telah membawa era baru perkembangan dalam dunia pendidikan, namun perkembangan tersebut belum diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia yang menjadi penentu keberhasilan dunia pendidikan di Indonesia secara umum. Hal tersebut lebih disebabkan oleh sumber daya manusia kita yang masih tertinggal dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pendidikan. Peningkatan kinerja pendidikan di masa mendatang memerlukan suatu sistem informasi dan teknologi informasi yang tidak hanya berfungsi sebagai sarana pendukung saja, tetapi juga sebagai senjata utama untuk mendukung keberhasilan dunia pendidikan sehingga mampu bersaing di pasar global. Pola pikir perlu dibangun agar dapat mengimbangi perkembangan IT yang sangat pesat. Pola pikir yang dimaksud adalah thinking outside the box. Dalam pola pikir ini dapat dijabarkan bahwa dalam menyelesaikan masalah menggunakan cara-cara yang mungkin belum terpikirkan oleh kebanyakan orang.
Jadi Teknologi informasi dalam pendidikan adalah penggunaan teknologi untukmendukung proses pembelajaran, mengelola informasi, dan mengembangkan produk pendidikan.
Jadi Teknologi informasi dalam pendidikan adalah penggunaan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran, mengelola informasi, dan mengembangkan produk pendidikan.

B. Peranan Teknologi Informasi dan Komputer dalam Dunia Pendidikan.

 Globalisasi telah memicu kecenderungan perubahan paradigma dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka konvensional menjadi pendidikan terbuka. Hal ini dapat didukung oleh peranan teknologi informasi dalam dunia pendidikan. Proses pembelajaran yang ada saat ini cenderung lebih menekankan pada proses pengajaran, bersifat content based, abstrak dan hanya untuk kelompok tertentu (dalam proses ini pengajaran cenderung pasif). Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi TIK, proses pembelajaran mulai bergeser pada proses pembelajaran, bersifat problem based, kontekstual dan tidak terbatas pada kelompok tertentu. Dalam proses pembelajaran ini, peserta didik
dituntut untuk lebih giat lagi dengan mengoptimalkan sumber belajar yang ada. Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan dapat meliputi 7 aspek, yaitu: 1. Peningkatan Produktivitas Teknologi informasi dan komunikasi telah terbukti mampu melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan pengolahan data menjadi informasi dan proses penyaluran data menjadi informasi serta proses penyaluran data/informasi dalam batasan ruang dan waktu. Dalam dunia pendidikan, peningkatan produktivitas melalui teknologi informasi dapat dilakukan seperti pada permasalahan berikut:  Pengolahan kata (Words)  Pengolahan angka (Spreadsheets)  Pengolahan gambar (Graphics)  Pengolahan suara dan video  Pengolahan data statistik 2. Alat Bantu Belajar (Media) A. Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Salah satu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan adalah pemanfaatan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis komputer. Kemampuan komputer yang semakin meluas menawarkan sarana multimedia dalam satu sistem untuk menyajikan materi pembelajaran. Layanan media pembelajaran konvensional berupa papan tulis, tape recorder, OHP, Slide Projector, Movie Projector, bahkan alat peraga praktik pun dapat disediakan dengan kualitas yang sama atau minimal mendekati kualitas yang menggunakan komputer.
b. E-Learning
 E-Learning merupakan salah satu bentuk pendidikan jarak jauh yang
menggunakan media elektronik sebagai media penyampaian materi dan
komunikasi antara pengajar dengan pelajarnya. (Goran et al, 1996).
Pembelajaran berbasis e-learning memungkinkan penyelenggaraan distance
teaching baik itu dalam mode synchronous atau asynchronous. Fasilitas-fasilitas
yang ditawarkan E-Learning antara lain e-mail, discussion forums, video
conferencing dan live lecture.
c. Forum Diskusi 

Salah satu permasalahan dalam pembelajaran di UNY adalah meningkatkan
keaktifan mahasiswa. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan
keaktifan mahasiswa diantaranya melalui penelitian tindakan kelas, aturan
akademik yang memasukkan unsur keaktifan dalam penilaian, presentasi di
kelas, micro teaching dan metode lainnya tetapi hasil yang didapat ternyata
masih belum optimal. Permasal3. Akses Informasi Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menuntut setiap orang untuk dapat mengakses informasi melalui media yang ada. UNY telah mengembangkan sarana akses informasi ke internet dengan menyediakan layanan internet gratis bagi dosen, karyawan, dan mahasiswa. Media yang digunakan dapat menggunakan kabel maupun Wifi (Hotspot). Sarana dan prasarana tersebut telah terbukti memberikan peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran dengan meningkatnya produktivitas dosen dan mahasiswa, prestasi akademik maupun nonakademik dosen dan mahasiswa, capaian hibah (PHKI, IMHERE, TIK, PGSD dll). 4. Manajemen Pendidikan Dalam hal manajemen pendidikan, UNY telah mengembangkan beberapa sistem informasi. SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) Sistem informasi akademik berbasis web saat ini menjadi kebutuhan dalam penyelenggaraan pendidikan khususnya di perguruan tinggi. SIOLA (Sistem Informasi Perpustakaan Online) SIOLA atau sistem informasi perpustakaan dapat digunakan untuk mengelola perpustakaan. Proses transaksi perpustakaan kini dapat dilakukan secara online melalui internet dengan alamat SIPEN (Sistem Informasi Penelitian). Sistem informasi tersebut merupakan pengelolaan informasi yang berkaitan dengan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. SIPEN dikembangkan untuk menyediakan informasi terkini tentang penelitian dan hasil-hasilnya agar dapat dipublikasikan secara luas.



BAB 3

PENUTUP


A. Kesimpulan 

Teknologi informasi (TI) telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan di Indonesia, tetapi peningkatan sumber daya manusia masih diperlukan untuk mengoptimalkan pemanfaatan TI. TI dalam pendidikan bukan hanya sebagai sarana pendukung, tetapi juga sebagai kunci keberhasilan untuk bersaing di pasar global. Pola pikir "thinking outside the box" diharapkan dapat membantu dalam menyelesaikan masalah pendidikan.
 
Peranan TI dan komunikasi dalam pendidikan mencakup:
 
1. Peningkatan Produktivitas: TI dapat mempercepat pengolahan data, misalnya melalui pengolahan kata, angka, gambar, dan video.
2. Alat Bantu Belajar: Media pembelajaran interaktif berbasis komputer serta e-learning yang memungkinkan pembelajaran jarak jauh.
3. Akses Informasi: Pengembangan akses internet gratis di UNY membantu mahasiswa dan dosen dalam mendapatkan informasi yang diperlukan.

4. Manajemen Pendid. ikan: Sistem informasi seperti SIAKAD dan SIOLA membantu dalam manajemen akademik dan perpustakaan secara online.
 
Dengan memanfaatkan TI, prosesdan efisien, serta meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.


B. Saran

        Penulisan makalah ini tidak lepas dari kekurangan dan kesalahan oleh karenanya kritik dan saran dari para pembaca dan prosesor sangat dibutuhkan guna memperbaiki karya tulis selanjutnya.


DAFTAR PUSTAKA 

Abrianto, D., & Sitompul, H. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dan
Sikap Inovatif Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal
Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1(1), 50–62. 


Andriyani, O., Cangara, H., & Sadjad, R. S. (2014). Penggunaan Teknologi Informasi Online
Dalam Kecepatan Pelayanan Dan Pengamanan Pada Bank BCA Makassar (Sebuah Studi
Komunikasi Organisasi). Jurnal Komunikasi KAREBA, 3(1), 58–67. 

B. Uno, H. . (2010). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 

Baharudin, R. (2010). Keefektifan Media Belajar Berbasis Teknologi Informasi Dan
Komunikasi. Tadrîs, 5(1), 112–127.

 Budiman, M. A. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kelas
Bahasa Inggris. Semantik, 2(1), 9–14. 
Budiman, Yusrizal, & Damanik, J. (2014). Akses Dan Penggunaan Teknologi Informasi Dan
Komunikasi Pada Rumah Tangga Dan Individu. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan
Pembangunan, 15(1), 1–16. 

Diat, Prasojo, L. (2011). Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gaya Media. 

Faisal. A. Yusuf. (1997). Mu’jizat Al-Qur’an dan As-Sunnah Tentang IPTEK. Jakarta: Andalan





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gaya menarik dan mengajar saat pembelajaran